....

....

Pages

Minggu, 08 Juni 2014

Berhenti Merokok Di Area Publik!

Larangan merokok di area publik, dengan menerbitkan peraturan perundangannya tampaknya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Pasalnya, masih banyak perokok menggunakan area public sebagai tempat yang dianggap aman untuk merokok. 
Bahkan di atas kendaraan sekalipun, masih banyak perokok yang tidak segan berbagi asap rokok dengan penumpang lainnya. Sekalipun kesehatan anak sebagai ancamannya, hal ini juga tidak membuat perokok bergeming. Tampaknya kampanye berhenti merokok masih perlu usaha lebih keras.

Hari tanpa tembakau memang ada di depan mata. Tepatnya tanggal 31 Mei kemarin. Harapan-harapan untuk mewujudkan Indonesia bebas asap rokok tampak sebagai suatu hal yang masih jauh dari pengharapan. Walaupun beberapa bukti ilmia telah menyebutkan bahwa, paparan asap rokok sangat berbahaya untuk bayi dan anak-anak, para perokok masih tetap dengan kenyamanan mereka, dan hanya sedikit yang benar-benar mau berhenti merokok.
Jika Anda adalah perokok berat, yang memang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, setidaknya satu hal yang harus dihindari. Menjauhlah dari banyak orang, terutama anak-anak, saat Anda sedang merokok. Amerika Lung Assosiation  mengungkapkan bahwa, kondisi jantung dan paru-paru anak yang masih berkembang sangat rentan sekali terhadap paparan asap rokok.
Ukuran paru yang lebih kecil, membuat mereka bernapas lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Dengan demikian, semakin banyak juga asap rokok yang mereka hirup. Coba anda bayangkan, apa yang Anda lakukan menjadi sesuatu yang jauh lebih membahayakan anak-anak Anda.
Sebuah penelitian yang diterbitkan di sebuah Jurnal Internasional Lancet mengungkapkan bahwa, di beberapa negara yang menegakkan aturan larangan merokok di area public, terbukti terdapat penurunan sampai dengan 10% pada angka kelahiran premature dan serangan asma hebat yang terjadi pada masa bayi. Hal ini menjadi salah satu poin penting mengapa berhenti merokok di area public sangat penting untuk kesehatan banyak orang.
Oleh karena Indonesia telah memiliki aturan untuk hal tersebut, sebagai masyarakat yang bertanggung jawab, maka mulailah untuk tidak meroko di area publik. Setidaknya, sekalipun Anda perokok berat, Anda turut berpartisipasi untuk mengurangi papara rokok tersebut kepada orang-orang yang telah berjuang untuk enjaga kesehatannya sedini mungkin.
Selamat Hari Tanpa Tembakau!
Sumber: manjur.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Homepage Bottom Left Widget

Homepage Bottom Middle

Homepage Bottom Right Widget